-->

Hutan KPH Cepu Hasilkan Jagung Berlimpah

Panen Jagung Berlimpah
Blora,- Warga masyarakat petani sekitar hutan (pesanggem) yang berladang dikawasan hutan KPH Cepu bisa tersenyum ceria, pasalnya hasil panen jagung yang mereka tanam kali ini sesuai apa yang di harabkan.

Menurut keterangan Kasi PHBM KPH Cepu Samino sampai saat ini KPH Cepu mempunyai wilayah kawasan hutan seluas 33.017.79 Ha, dan lahan yang masih bisa digunakan untuk berladang tumpang sari para pesanggem sebelum tanaman pohon jati tumbuh besar ada seluas 2.656.5 Ha.

Data yang berhasil dihimpun devisi Pengelolaan Hutan Bersama masyarakat (PHBM) untuk jumplah keseluruhan hasil panen jagung dari 5.515 pesanggem yang mengerjakan lahan di wilayah kawasan hutan KPH Cepu dan tersebar disejumplah wilayah Kecamatatan diantaranya Kecamatan Cepu, Kedungtuban, Sambong, Jiken, Jepon dan Banjarejo berhasil memanen sebanyak 10.626 ton jagung.

Kalau diuangkan sesuai dengan harga jagung kering dipasaran saat ini yang mencapai kisaran Rp.3000/kg, maka hasil pertanian dari kawasan hutan KPH Cepu untuk satu kalimusim panen sebesar Rp.31.878.000.000.

Waka ADM KPH Cepu Agus Kusnandar membenarkan semua itu dan bahkan selama ini KPH Cepu juga pernah memberi bibit jagung dan pupuk untuk para pesanggem, dengan harapan para pesanggem juga bisa ikut membantu merawat tanaman pohon jati yang berada disela - sela tanaman jagung mereka agar tumbuh subur dan tidak mati.

"semua itu teremasuk salah satu bentuk kepedulian KPH Cepu untuk ikut membantu perekonomian masyarakat sekitar hutan" tantas Agus Kusnandar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hutan KPH Cepu Hasilkan Jagung Berlimpah"

Post a Comment

Pembaca Cerdas Selalu Tahu Komentar Apa yang Harus Disampaikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel