-->

Daftar Objek Wisata Kabupaten Blora Tengah Naik Daun

Objek Wisata Kabupaten Blora
Kabupaten Blora merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah sekitar 127 km dari Kota Semarang. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur ini memang jarang dikenal oleh sebagian kalangan masyarakat luar. Padahal Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang, Pati, Tuban, Purwodadi, Tuban dan juga Ngawi ini memiliki potensi wisata yang tak kalah besar dibandingkan dengan Kabupaten besar yang mengelilinginya.

Kawasan Kabupaten Blora yang terdapat hutan jati yang luas ini pun nyatanya merupakan komoditas export kayu jati dan kerajinan kayu dengan kualitas terbaik. Belum lagi pasokan bahan bakar minyak dan gas yang dihasilkan lewat pertambangan minyak buminya yang kini dikelola oleh salah satu perusahaan ternama mampu menyumbang pemasukan besar bagi pemerintah daerah serta nasional.

Selain kekayaan alam yang sangat banyak tersebut, tersimpan pula keindahan alam dengan beragam bentuk dan jenisnya. Jadi tidak dipungkiri lagi bahwa Kabupaten yang sering dijuluki bumi samin ini menyimpan banyak potensi yang bisa dikebangkan kedepannya.

Berbicara soal potensi wisata di Kabupaten Blora, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan segudang kekayaan alam, objek wisata Blora sudah selaknya untuk anda ketahui. Berikut adalah daftar lokasi objek wisata di Kabupaten Blora:

1. Goa Terawang

Goa Terawang Kabupaten Blora
Bagi masyarakat Blora sendiri mungkin mendengar nama Goa Terawang tentu sudah tidak asing lagi ditelinga. Bahkan beberapa Kabupaten tetangga seperti Kudus, Patis, Demak, Ngawi, Bojonegoro dan Semarang juga sudah lama mengenal goa yang terbentuk dari endapan batu gamping 10 tahun silam. 

Tidak hanya datang untuk berkunjung saja bahkan beberapa peneliti yang berasal dari dalam dan luar negeri juga berbondong-bondong mendatangi goa yang konon memiliki sejarah yang menarik. Dalam satu kawasan yang berkisar 13 H ini, terdapat pula beberapa goa induk seperti Goa Suru, Goa Kidang, Goa Manuk yang tidak kalah indahnya dengan Goa Terawang.

Lokasi : Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

2. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo Kabupaten Blora
Waduk Bentolo berlokasikan tidak jauh dari Goa Terawang. Waduk seluas 270.795 m2 ini ramai dikujungi oleh wisatawan. Disana anda tawarkan dengan pemandangan alam dengan panorama yang luar biasa. Waduk yang berfungsi pula sebagai sumber irigasi persawahan warga sekitar ini juga bertempat dekat dengan Bumi Perkemahan Pancasona. 

Lokasi : Desa Tinapan, Kecamatan Todonan, Kabupaten Blora

3. Gunung Manggir

Gunung Manggir Kabupaten Blora
Masih seputar kawasan Kecamatan Todanan, disana terdapat pula gunung dengan pemandangan alam yang mampu memanjakan mata anda. Gunung Manggir, sebuah perbukitan dengan ketinggian 150 meter diatas permukaan laut terbut tengah digandrungi wisatawan lokal saat ini, khususnya untuk para remaja. Dengan luas sekitar 4H, berlokasi di perbukitan kapur serta banyak ditumbuhi pepohonan rindang dan goa menyimpan nuansa indah yang layak untuk anda kunjungi.

Lokasi : Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

4. Gunung Cengklik

Gunung Cengklik Kabupaten Blora
Bagi kalangan muda-mudi khususnya di Kabupaten Blora, objek wisata Gunung Cengklik tengah marak dibicarakan. Pada awalnya lokasi tersebut tidak dipandang sebagai tempat yang wisata, namun berkat tangan kreatif dari warga sekitar dibuatkanlah tempat duduk serupa rumah pohon dengan latar belakangan pemandangan gunung sehingga kini tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik. 

Lokasi : Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora

5. Waduk Greneng

Waduk Greneng Kabupaten Blora
Waduk yang berfungsi utama sebagai saluran irigasi ini juga menjadi objek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Dengan pemandangan perairan waduk yang dikelilingi oleh pepohonan rindang, membuat mata enggan untuk berpaling dari keindahannya. Selain itu anda diperbolehkan memancing disana sehingga menjadikan Waduk Grenengn ini sebagai objek wisata yang menarik peminat baik dari dalam dan luar kota.

Lokasi : Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

6. Taman Sarbini/Water Spash

Taman Sarbini/Water Splash Kabupaten Blora
Untuk anda yang ingin menikmati waktu libur anda bersama keluarga beserta sang buah hati, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Selain terdapat wahana dan beberapa patung binatang untuk bermain anak, disana juga terdapat perpustakaan umum. Maka darinya Taman Sarbini/Water Splash ini juga bisa dijadikan sarana objek wisata edukasi yang baik bagi anak anda. 

Lokasi : Tempelan, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora.

7. Taman Tirtonadi

Taman Tirtonadi Kabupaten Blora
Jika anda bertanya dimana kolam renang di Blora? Pasti sebagian besar orang akan menjawab Taman Tirtonadi tempatnya. Ojek wisata yang identik dengan kolam renangnya ini sebenarnya tidak hanya berwujud kolam renang saja, namun juga terdapat beberapa jenis satwa didalamnya. Jadi jangan heran kalau ada juga beberapa masyarakat yang menamakan Kebun Binatang Taman Tirtonadi. 

Lokasi : Jalan Sudarman Blora

8. Waduk Tempuran

Waduk Tempuran Kabupaten Blora 
Seperti halnya Waduk Bentolo yang fungsi utamanya sebagai sumber irigasi. Namun dengan kapasitas Waduk Tempuran yang sangat luas, maka tidak hanya itu saja. Di sini pula altlet-altet dayung mandapat pelatihan dan pembinaan sehingga menjadi atlet tingkat internasional. Bagi anda yang gemar memancing, di lokasi ini juga menyediakan tempat pemancingan karena telah dibudidayakan ikan keramba dengan beberapa wahana untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Selain itu, terdapat pula beberapa warung lesehan yang menyediakan berbagai menu masakan khas ikan untuk menambah tenaga anda dikala lelah menikmati panorama alam Waduk Tempuran.

Lokasi : Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora

9. Pemandian Sayuran & Puncak Suroyudan

Puncak Suroyudan Kabupaten Blora
Pemandian yang berdekatan tidak jauh dari lokasi Waduk Tempuran ini dibangun pada tahun 1900. Pemandian tersebut dibagi atas 2 kolam, yakni untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak. Selain berenang pastinya nuansa sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata anda dapat melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran anda. 

Berlokasi di tempat yang sama, terdapat pula puncak Suroyudan yang manawarkan indahnya pemandangan dari puncak bukit dengan hamparan bungan matahari dan beragam bunga lainnya. Banyak kawula muda-mudi yang tengah mengidokan tempat ini untuk dijadikan tempat hunting fotografi.

Lokasi : Desa Soko, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora

10. Gunung Pencu

Gunung Pencu Kabupaten Blora
Tidak lengkap rasanya jika anda berkeliling Kota Blora tanpa menikmati indahnya pemandangan dari puncak gunung yang satu ini. Gunung Pencu, pegunungan kapur yang tedapat di Kecamatan Bogorejo ini sudah tida diragukan lagi keindahanya, bukan hanya dari wisatawan lokal saja namun dari berbagai daerah juga mengakui hal tersebut.

Dari puncak tersebut anda bisa melihat dapat anda lihat pemandangan membentang dari Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Rembang dan Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Lokasi : Desa Gandu, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora

11. Agro Wisata Temanjang

Agro Wisata Temanjang Kabupaten Blora
Mungkin bagi anda kawasan hutan jati tidak pernah terlintas dalam pikiran anda untuk dijadikan obek wisata. Namun beda halnya jika anda mengunjungi hutan jati yang berada di Desa Tumanjang Kabupaten Blora. Di hutan tersebut ada objek Agro Wisata Temanjang yang selalu ramai dikunjungi warga terutama ketika hari libur. Rimbunnya pepohonan dan kesejukan udara di sana mampu menghidupkan serta menyegarkan pikiran anda. Bagi anda yang memiliki hobi wisara spiritual, di tempat tersebut seringkali diadakan upacara ritual.

Lokasi : Desa Tumanjang, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora

12. Lokomotif Wisata Cepu

Lokomotif Wisata Cepu Kabupaten Blora
Di kabupaten Blora terdapat lokomotif tua peninggalan era penjajahan Belanda. Loko buatan Jerman yang dulu sempat digunakan sebagai alat transportasi mengangkut jati itu saat ini kekelola oleh pihak Perhutani KPH Cepu. Tetapi dengan semakin mahalnya biasanya oprasional yang digunakan untuk menjalankan dan perawatan loko tersebut, menjadikan harga tiket yang dibandrol untuk wisatawan manjadi mahal. 

13. Monumen Hutan Jati

Monumen Hutan Jati Kabupaten Blora
Kekayaan hutan jati di Kabupaten Blora memang sudah tidak diragukan lagi. Blora yang dikenal sebagai kawasan pengexspor kayu jati terbesar di Indonesia juga memiliki tempat wisata yang berkaitan dengan jati tersebut. Ya, Monumen Hutan Jati, begitulah orang menyebut tempat wisata alam yang terdapat didalam kawasan hutan jati di Kabupaten Blora. Objek wisata Hutan Jati juga identik dengan sebutan Gubug Payung, dikarekan didalamnya memang ada semacam tempat berteduh menyerupai panyung dan kini objek wisata tersebut dikelolala olah Perhutani KPH Cepu. 

Sisi yang paling menarik dari tempat wisata ini bukan sekedar pada adanya Gubug Payung saja, namun didalam kawasan tersebut terdapat pohon jati dengan ukuran raksasa yang telah berumus ratusan tahun dengan ukuran lebih dari 80 cm.

Lokasi : Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

14. Wisata Geologi Blora

Wisata Geologi Kabupaten Blora
Selain Taman Sarbini, Kabupaten Blora juga memiliki objek wisata edukasi lain. Wisata Geologi, sebuah objek wisata edukasi yang mengajak anda untuk mengetahui ilmu dalam bidang perminyakan dan gas bumi. Objek wisata tersebut telah dikemukakan oleh BPM pada tahun 1890. Selain itu anda juga bisa melihat warga sekitar melakukan aktifitas penambangan minyak tradisional dengan mengggukan tali dan timba. Jadi, bagi anda yang nantinya berminat untuk terjun kedunia geologi atau pertambangan jangan sampai tidak mengunjungi tempat wisata tersebut.

Lokasi : Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

15. Taman Seribu Lampu Cepu 

Taman Seribu Lampu Kabupaten Blora
Pada awalnya Taman Seribu lampu dibangun sebagai pemisah antara dua jalur yang berlawanan. Namun kini Pemkab Blora menata ulang tempat tersebut hingga nampak lebih menarik. Mungkin anda tidak sadar apabila melintasi kawasa ini pada siang hari, tapi berbeda halnya jika malam telah tiba. Pada saat malam hari area ini akan nampak indah dengan gemerlap lampu yang begitu indah. Banyak anak remaja hingga lanjut usia sering nongkrong di taman ini.

Taman Seribu Lampu ini dibangun sebagai pemisah antara dua jalur yang berlawanan. Akan tetapi, 

Lokasi : Jl. Raya RSU, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

16. Kolam Renang Belanda

Kolam Renang Belanda Kabupaten Blora
Dalam kawasan hutan KPH Cepu Kabupaten Blora menyimpan banyak sekali objek wisata yang bisa anda kunjungi. Seperti daftar yang sudah disebutkan diatas dan baru-baru ini diketemukan pula objek wisata kolam renang bekas peninggalan jaman Belanda. Kolam renang tersebut pada awalnya tidak banyak menarik minat pengunjung dikarenakan minimnya perawatan. Namun berkat pengelolaan yang baik dari pihak KPH Cepu kini kolam tersebut bertraformasi menjadi objek wisata yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga. 

Lokasi : Desa Ledok, Kawasan hutan KHP Cepu

Bagaimana? objek wisata mana sajakah yang sudah anda kungjungi? Sebenarnya ada banyak lagi tempat wisata yang bisa anda jadikan referensi untuk menghabisakan waktu liburan anda. Tambahkan tempat wisata yang menurut anda layak untuk dikunjungi di kolom komentar ya. Jangan lupa bagikan arrtikel ini biar makin banyak yang tahu bahwa Kabupaten Blora memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar Objek Wisata Kabupaten Blora Tengah Naik Daun "

Post a Comment

Pembaca Cerdas Selalu Tahu Komentar Apa yang Harus Disampaikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel